Asisten II Pimpin Rapat Pemulangan Jemaah Haji Sinjai

by -180 views

Humas.sinjaikab.go.id-Rapat Panitia Pemulangan Jamaah Haji Kabupaten Sinjai Tahun 2019 berlangsung di Ruang Rapat Asisten Perekonomian Pembangunan Sekretariat Daerah Kantor Bupati Sinjai, Jum’at (09/08).

Rapat yang dipimpin oleh Asisten Perekonomian Pembangunan Dr. Nikmat Baddare Situru, M.AP turut dihadiri oleh Panitia perwakilan dari Kementerian Agama Sinjai, Staf Haji, Polres Sinjai, Kodim 1424, RSUD Sinjai, Dinas perhubungan Kabupaten Sinjai, Perwakilan dari masing-masing bagian Setdakab Sinjai, serta Kepala Bagian Kesra dan staf selaku penyelengga Rapat Kepanitiaan terkait penjemputan dan pemulangan Jamaah Haji Kabupaten Sinjai.

Rapat Kepanitiaan ini membahas tentang hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam rangka pemulangan dan penjemputan Jamaah Haji Kabupaten Sinjai.

Pembahasan tersebut meliputi Koordinasi dengan Perusahaan Angkutan Umum Bintang Prima Makassar, kesiapan pengamanan Tim Anggota Polres Sinjai, Kodim 1424, Satpol PP serta Dinas Perhubungan untuk mengawal Bus Jamaah Haji dan angkutan barang jamaah dan untuk pengamanan lokasi penerimaan jamaah Haji di Mesjid Agung Cakkempong Sinjai.

Jamaah Haji yang dijadwalkan tiba di Asrama Haji Sudiang Makassar pada hari Selasa Tanggal 20 Agustus 2019 pukul 01.55 Wita rencananya akan disambut oleh Bupati Sinjai serta rombongan dan kemudian dilanjutkan dengan perjalanan pulang ke Sinjai.

Asisten Perekonomian Pembangunan Setdakab Sinjai, Dr. Nikmat Baddare Situru menegaskan agar setiap panitia bertanggung jawab penuh terhadap tugas masing-masing. Ia juga mengharapkan agar keluarga jamaah diberikan ID Card sebagai antisipasi untuk membantu jamaah terkait dengan penjemputan jamaah dan barang-barangnya.

“Kita mengharapkan bahwa semua jamaah pulang ke Sinjai secara rombongan. Oleh karena itu, pengamanan harus diperketat demi keselamatan rombongan jamaah haji dan keamanan barang bawaannya. Dan sebagai perhatian, diketahui sekitar lebih dari 50% jamaah Haji Kabupaten Sinjai berada pada rentang usia 60-80 tahun dan didominasi oleh jamaah perempuan, sehingga perlu perlakuan khusus. Dalam hal ini koordinasi antara seluruh Panitia dalam rangka kelancaran pemulangan sangat dibutuhkan.”Tegasnya.

Insha Allah, Jamaah Haji Kabupaten Sinjai yang berjumlah 241 orang dikabarkan pulang lengkap dalam keadaan sehat wal’afiat.

Penulis : Ayu

Editor : UB.