Bupati berharap Gelar TTG Nasional XXI Sebagai Langkah Strategis Mendukung Penguatan Pemberdayaan Masyarakat Di Daerah.

by -97 views

Humas.sinjaikab.go.id-Salah satu langkah strategi untuk mempercepat kemajuan ekonomi masyarakat dalam menghadapi persaingan global adalah melakukan percepatan pembangunan melalui upaya pemberdayaan masyarakat di berbagai bidang kehidupan melalui implementasi teknologi tepat guna. Peranan Teknologi Tepat Guna (TTG) apabila dimanfaatkan secara optimal diyakini akan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

Selain itu implementasi Teknologi Tepat Guna dipandang sebagai sebuah strategi untuk mengoptimalkan pemberdayaan semua aspek sumberdaya lokal secara berkelanjutan yang mampu memberikan nilai tambah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Demikian di sampaikan Bupati Sinjai, Andi Seto Gadistha Asapa di sela-sela acara gelar TTG Nasional ke – XXI yang berlangsung kawasan Sport Center Pantai Panjang, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, Minggu (22/9). Di katakan pemanfaatan teknologi tepat guna memiliki peran yang sangat strategis di dalam mendorong tumbuh kembangnya kegiatan inovatif di masyarakat.

“Sama halnya di Kabupaten Sinjai dengan hadirnya hasil karya pemuda Sinjai yang di tampilkan kali ini kita telah menunjukkan betapa besarnya dorongan Pemkab Sinjai untuk terus memberdayakan para kelompok usaha utamanya dalam hal pemanfaatan teknologi tepat guna yang sesuai dengan situasi lokal. Pada gilirannya tentu itu akan mendorong optimalisasi sumber daya baik SDMnya maupun sumber daya alam sehingga melahirkan kemandirian masyarakat yang dibarengi dengan kegiatan-kegiatan inovatif,” ujar Bupati yang juga di dampingi ketua tim penggerak PKK Sinjai, A Nurhilda Daramata Seto.

Gelar TTG kali ini dibuka oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sanjoyo. Eko berharap agar dengan gelar TTG 2019 ini, pemerintah daerah mendorong menggunakan teknologi tepat guna dalam pemanfaatan dana desa agar penggunaan dana desa lebih efektif. “Saya kira ini salah satu moment yang tepat agar hasil TTG ke XXI 2019 ini disosialisasikan untuk kemajuan semua desa di Indonesia,” pinta Eko Putro Sanjoyo di hadapan para ratusan Gubernur, Bupati/Walikota Se Indonesia.

Kabupaten Sinjai yang berpartisipasi dalam gelar TTG Nasional yang akan berlangsung selama sepekan itu memperkenalkan salah satu hasil karya terbaiknya, sebuah alat produksi BBM yang menggunakan limbah plastik menjadi bahan bakar minyak dan bahan bakar ilir. “Mudah-mudahan teknologi yang dikembangkan oleh kelompok masyarakat Sinjai Tengah ini bisa berguna dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia,” tambah Kepala dinas PMD Kabupaten Sinjai Yuhadi Samad

Yuhadi mengatakan produk hasil teknologi tepat guna binaan Badan Usaha Milik Desa dan UKM yang ada di Kabupaten Sinjai selain mesin pengolah sampah, Kabupaten bermotto Panrita Kitta itu juga memamerkan berbagai hasil kerajinan tangan seperti bossara, tempat sendok dan asbak.”Untuk jenis kuliner sinjai mengandalkan kopi borong dan kopi manipi sebagai salah satu produk lokal yang menjadi andalan Kabupaten Sinjai,” jelas Yuhadi.

Hadir pada TTG Nasional XXI tahun ini , ketua DPRD Kabupaten Sinjai, Abd Haris Umar, Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai, Akbar serta sejumlah Kepala OPD, Kepala bagian termasuk beberapa camat se- Kabupaten Sinjai.

Penulis : Tamzil

Editor : Ime