Desa Bonto Tengah Raih juara Dua Lomba Desa Tingkat Sulsel

by -104 views

Humas.sinjaikab.go.id-Mimpi Desa Bonto Tengnga, Kecamatan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai untuk meraih juara lomba desa tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Sul-sel) tahun 2019 menjadi kenyataan. Melalui proses penilaian yang panjang, akhirnya Desa yang di nakhodai Kaswan Mahmud itu berhasil mendapat juara dua.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sinjai, Yuhadi Samad mengatakan, hasil penetapan lomba jatuh kepada tiga desa, masing-masing Desa Bonto Tengnga meraih juara dua. Sedangkan peringkat pertama diraih Desa Sorowako, Kecamatan Nuhu Kabupaten Luwu Timur dan peringkat tiga diraih Desa Lampulle Kecamatan Ganra, Kabupaten Soppeng.

Menurut Yuhadi, meski hanya peringkat dua Desa Bonto Tengnga patut diakui bahwa satu-satunya desa terbaik di Sinjai. Pasalnya dari 80 desa di 9 kecamatan se Kabupaten Sinjai Bonto Tengnga di daulat menjadi wakil Sinjai pada lomba ke tingkat Provinsi Sul-Sul.

”Keberhasilan ini tentunya tidak terlepas dari arahan dan bimbingan Bapak Bupati Sinjai A Seto Gadhista Asapa dan Ibu Wakil Bupati Hj. A Kartini Ottong yang senantiasa memberikan arahan, masukan dan solusi tak terkecuali hubungan sinergitas seluruh Organisasi Perangkat Daerah untuk menyukseskan lomba desa tahun ini,” kata Yuhadi Samad, di kantornya, Senin (12/8).

Satu hal yang menjadi penekanan lanjut mantan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan itu bahwa, keberhasilan Desa Bonto Tengnga ini patut di syukuri untuk menjadi pemicu dan pemacu desa lainnya di Sinjai. “Kita berharap kedepannya desa lain yang belum pernah mengikuti lomba bisa ikut termotivasi,” jelasnya.

Senada dengan Yuhadi, Kepala Desa Bonto Tengnga, Kaswan Mahmud juga berterima kasih atas bimbingan Pemkab Sinjai dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati Sinjai serta kepada seluruh pihak yang telah membantu dan menyukseskan lomba desa tersebut. Terima kasih untuk Camat Borong, Tim Penggerak PKK Desa Bonto Tengnga. Terkhusus Kepala DPMD dan jajarannya, dan semua pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten yang sudah bersungguh-sungguh membina bahkan terjun langsung kelapangan, sehingga Desa Bonto Tengnga dapat meraih juara II. “Yah, raihan ini kita berharap bisa menjadi bagian dari evaluasi dan perbaikan ke depan agar bisa meraih juara I pada saat lomba berikutnya, ”  pinta Kaswan sembari menambahkan ucapan terima kasih juga kepada almarhumah istri tercinta yang juga pembina PPK Desa Bonto Tengnga.

Penulis : Ime