Ketua TP. PKK Pulau Sembilan Raih Juara 1 Pada Lomba Kreasi Menu B2SA

by -238 views

Humas.sinjaikab.go.id-Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Kabupaten Sinjai Tahun 2019 digelar di Gedung Pertemuan Sinjai, (13/08).

Pemerintah Kabupaten Sinjai melalu Dinas Ketahanan Pangan bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Sinjai menggelar Acara Tahunan Festival Pangan Lokal B2SA dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke-74 di Kabupaten Sinjai.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sinjai, Sulatan H. Tare menyampaikan dalam laporannya bahwa pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya mengonsumsi bahan pangan lokal sekaligus untuk meningkatkan kreativitas masyarakat dan ibu rumah tangga dalam menciptakan kreasi makanan hasil olahan pangan lokal yang beragam, bergizi, seimbang dan aman.

Wakil Bupati Sinjai, Hj. Andi Kartini Ottong, SP.,M.SP yang bertindak mewakili Bupati Sinjai dalam sambutannya mengatakan bahwa salah satu upaya dalam memperkuat pembangunan ketahanan pangan adalah dengan memperluas dan meningkatkan program penganekaragaman konsumsi pangan. Beliau menilai Langkah ini merupakan salah satu pilar utama dalam mewujudkan ketahanan pangan menuju kemandirian dan kedaulatan pangan, terutama pada tingkat individu, Rumah Tangga, dan daerah.

“Berdasarkan pada program Pemerintah Daerah dalam hal ketahanan pangan, maka Pemkab Sinjai berupaya untuk menjamin ketersediaan pangan yang cukup, baik dalam jumlah, mutu, merata dan terjangkau serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat untuk hidup sehat, aktif, dan produktif secara berkelanjutan.” Jelasnya.

Acara Festival dihadiri oleh Ketua TP.PKK Kabupaten maupun kecamatan di Sinjai beserta para pengurus, Para perwakilan unsur Forkopimda, Para Kepala OPD, Para Kabag Setdakab, serta Para Camat di Kabupaten Sinjai.

Dalam acara Festival ini, setiap kecamatan menampilkan lomba hasil kreasi olahan makanan maupun cemilan dari bahan pangan lokal yang menghasilkan juara sebagai berikut :
Juara I : Kecamatan Pulau Sembilan
Juara II. : Kecamatan Bulupoddo
Juara III. : Kecamatan Sinjai Utara
Juara Harapan I : Kecamatan Sinjai Tengah
Juara Harapan II : Kecamatan Sinjai Timur
Juara Harapan III : Kecamatan Sinjai Borong.

Penulis : Ayu

Editor : UB.