Ketua TP. PKK Sinjai Pimpin Rapat Monev Proker PKK

by -34 views

Humas.sinjaikab.go.id-Ketua TP. Penggerak Kabupaten Sinjai memimpin Rapat Monitoring Evaluasi PKK di Kantor Sekretariat PKK Kabupaten Sinjai, Senin (30/12).

TP. PKK Kabupaten Sinjai menggelar Rapat Monitoring dalam rangka mengevaluasi program kerja PKK tahun 2019 yang berdasar pada Dasa Wisma.

Ketua TP. PKK, Hj. Andi Nurhilda Daramata Seto mengatakan bahwa sejauh ini para Ketua PKK Kecamatan maupun Pokja sudah melaksanakan program kerjanya masing-masing dengan baik.

Lebih lanjut,  Ia mengatakan dengan adanya rapat evaluasi ini, para pengurus PKK bisa mengetahui hasil dari pelaksanaan program kerja dan memperhatikan jika dirasa masih ada yang perlu dibenahi.

Ketua TP.PKK Kabupaten Sinjai mengharapkan adanya tanggung jawab terutama keaktifan oleh masing-masing Ketua TP. PKK Kecamatan dan Pokja Kabupaten. Beliau mengungkapkan keaktifan Ketua pengurus PKK sangat berimbas pada kinerja anggotanya. Apabila ada hal yang menghambat jalannya program kerja maupun keaktifan kinerja, TP.PKK Kabupaten siap terjun langsung dalam membantu mengatasi permasalahan tersebut.

Berbekal alasan tersebut, Andi Nurhilda menyampaikan bahwa kedepannya kegiatan kunjungan TP.PKK Kabupaten atau Provinsi akan dilaksanakan di Sekretariat PKK Kecamatan secara bergiliran untuk menilai langsung PKK Kecamatan mana yang memiliki keaktifan dan kesiapan paling tinggi.

“Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan Program Dasa Wisma. Hal ini agar program kerja bisa berjalan secara lancar dan aktual. Ada beberapa poin yang paling penting dalam pelaksanaan Dasa Wisma yaitu, Penyusunan administrasi data Program Kerja PKK serta Pengurus PKK mampu menggerakkan dan membina potensi-potensi yang masyarakat di kecamatan masing-masing.”

“Setiap pengurus PKK harus mampu mengetahui betul posisi pengurus PKK serta kondisi masyarakatnya. Ini bertujuan agar program kerja PKK mampu betul-betul bersentuhan langsung dan dirasakan dampaknya oleh masyarakat. Oleh karena itu, peranan keaktifan pengurus PKK merupakan peranan penting dalam terlaksananya program Dasa Wisma.” Ujarnya.

Beliau menambahkan agar setiap Pengurus PKK senantiasa berlatih berbicara di depan umum dalam memaparkan program kerjanya masing-masing. Ia menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan poin plus dalam meningkatkan kepercayaan diri setiap anggota pengurus PKK yang tentunya menghasilkan anggota PKK bersumber daya manusia yang mandiri, percaya diri, dan unggul dalam potensi.
Hal ini diharapkan agar pada tahun 2020, PKK Kabupaten Sinjai mampu menjadi lebih baik dalam ikut serta menyejahterakan masyarakat dan daerah yang sejalan dengan Program Visi Misi Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai.

Dalam Rapat Evaluasi akhir tahun ini, para Wakil Pokja Kabupaten dan PKK Kecamatan masing-masing menyampaikan jadwal kegiatan untuk tahun 2020.