PEMIMPIN BARU HARAPAN BARU (Mengenal Lebih Dekat Bupati Sinjai dan Wakil Bupati Sinjai)

by -336 views
Penulis : Usman, S.H (Kasubag Publikasi dan Hubungan Media Setdakab Sinjai)

humas.sinjaikab.go.id -Pesta demokrasi pilkada Sinjai telah berlalu, seiring berlalunya euforia kemenangan rakyat, karena kemenangan sejatinya adalah milik rakyat sebagai pemegang hak suara demokrasi. Kini rakyat menitipkan harapan besar kepada Bupati dan Wakil Bupati terpilih sebagai pengemban amanah rakyat. Pelaksananaan pilkada pada tanggal 27 Juni 2018 yang lalu di Kabupaten Sinjai, akhirnya melahirkan pemimpin baru di bumi panrita kitta julukan Kabupaten Sinjai yang ber motto Sinjai Bersatu ini. Sosok Bupati dan Wakil Bupati terpilih tentu tidak asing lagi dimata masyarakat Sinjai, karena keduanya merupakan putra-putri terbaik Sinjai.

Bupati terpilih Andi Seto Gadhista Asapa yang lahir di Makassar pada tanggal 20 November 1983 menempuh pendidikan SD, SLTP, SMU di Makassar, Strata Satu pada Fakultas Hukum  Universitas Trisakti 2001-2006 di Jakarta, Pasca Sarjana Monash University 2007-2009 Melbourne Australia. Seto adalah sapaan akrab sang Bupati yang hobi berolahraga ini adalah politisi muda dari Partai Gerindra. Andi Seto Gadhista Asapa menikah dengan Andi Nurhilda Daramata Asiah yang merupakan anak dari politisi Golkar Nurdin Halid, dari pernikahan dengan Andi Nurhilda dikarunia tiga anak, yang bernama Andi Nurqalbi Lakipadada Asapa, Andi Nurqhairah Putri Seto Asapa Halid, Andi Nuqiana Datu Rudianto Asapa.

Andi Seto, mengawali kariernya sebagai pengusaha dengan menjadi Direktur PT.Cetara Bangun Persada, Menjadi Pimpinan Redaksi Majalah Garuda. Sang Bupati Muda ini, juga memiliki pengalaman di bidang organisasi, diantaranya menjadi ketua Parlemen Fakultas Hukum Universitas Trisakti tahun 2005, Ketua Pengawas Pelaksanaan Permilu (Melbourne Australia) tahun 2009, Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra Bidang Penyelesaian Sengketa Pemilu tahun 2010 sampai sekarang, Wakil Ketua Dewan Pimpinan Pusat Bidang Kebijakan Indonesia Timur KADIN Pusat tahun 2010-2015. Bahkan Sang Bupati Muda ini, melahirkan karya dengan menerbitkan buku yang berjudul Gerindra Pilihanku, Pikiranku Untuk Rakyat.

Ibarat pepatah lama mengatakan buah jatuh tak jauh dari pohonnya, ungkapan ini seolah menggambarkan kunci kesuksesan Andi Seto Gadista Asapa menjadi Bupati Sinjai tidak terlepas dari suksesor sang ayah Andi Rudianto Asapa, yang tidak lain adalah mantan Bupati Sinjai dua periode, yang memiliki segudang prestasi dan penghargaan dalam membangun sinjai. Bahkan, berhasil mengangkat derajat masyarakat serta mengantarkan Sinjai dikenal di kancah nasional berkat ide cemerlangnya yang digagas dengan tiga pilar pembangunan yaitu Agama, Pendidikan dan Kesehatan, bahkan dinobatkan dizamannya sebagai Bupati Pelopor Pendidikan dan Kesehatan Gratis. Sosok kharismatik sang ayah diturunkan kepada sang anak yang kini menjadi Bupati Sinjai.

Lain halnya dengan sang Wakil Bupati Sinjai Andi Kartini Ottong yang merupakan kader tulen Partai Golkar, ia berangkat dari aktivis pemberdayaan masyarakat desa sampai kemudian menjadi anggota parlemen Sinjai di tahun 2009, bahkan dua periode berturut-turut duduk menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sinjai  dari Dapil 4 (empat) yang meliputi Sinjai Tengah dan Sinjai Barat. Karier politiknya terbilang sukses dipentas politik khususnya di Kabupaten Sinjai, bagaimana tidak ia adalah perempuan pertama dari Sinjai Tengah yang duduk di kursi anggota legilatif di Kabupaten Sinjai, dan di periode kedua  ia diamanahkan oleh partainya untuk menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sinjai. Jebolan alumni Universitas Hasanuddin ini merupakan aktivis perempuan Kabupaten Sinjai, yang kemudian  membuat lembaran sejarah baru dalam pemerintahan di Kabupaten Sinjai,  singa betina dari Sinjai Tengah ini menjadi Wakil Bupati perempuan pertama  di Kabupaten Sinjai dalam sejarah pemerintahan di Kabupaten Sinjai.

Andi Kartini yang lahir di Sinjai 20 Juli 1971, menempuh pendidikan SD, SMP, SMA di Kabupaten Sinjai, Strata Satu Fakultas Pertanian Unhas Makassar, Magister Perencanaan Pengembangan Wilayah dan Kota (PPWK) Universitas 45 Makassar, yang sekarang menjadi Universitas Bosowa Makassar. Politisi Partai Golkar ini aktif diberbagai organisasi kemahasiswaan disaat masih berstatus mahasiswa diantaranya menjadi aktivis Himpunan Mahasiswa Islam, dengan  menjadi Pengurus HMI Komisariat Sosek Pertanian UNHAS 1991-1993, pengurus IKMS UNHAS 1993-1996, Pengurus Mahasiswa Sosek Pertanian (MISEKTA) UNHAS 1993-1996, Bendahara DPC HIPPMAS Sinjai Tengah 1991-1996, Pengurus HIPMA Fanoget Fakultas Pertanian UNHAS1990-1993. Setelah menyelesaiakan studi di Universitas Hasanuddin Makaasar aktivis perempuan ini kembali dipercaya  menjadi Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) 2004-2009, Ketua KUD (Koperasi Unit Desa) Manimpahoi Desa Saotengnga Kecamatan Sinjai Tengah 2005-2008, Ketua Kaukus Parlemen Perempuan Indonesia Kabupaten Sinjai 2016-2020, Ketua DPC FPPI (Forum Pemberdayaan Perempuan Indonesia) Kabupaten Sinjai 2015-2019, Pengurus MPO Pemuda Pancasila Kabupaten Sinjai 2015-2019, Ketua Forum Indonesia Sehat Kabupaten Sinjai 2015-2017, Pimpinan Tingkat Kecamatan Partai Golkar Kecamatan Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai 2009-2014, Sekretaris Partai Golkar Kabupaten Sinjai 2014-Sekarang, Ketua P2TP2A Kabupaten Sinjai 2014-Sekarang.