Pemkab Sinjai bersama AMCF gelar program siaga bencana

by -122 views

Humas.sinjaikab.go.id-Kerjasama Pemkab Sinjai, AMCF Gelar Program Sekolah Siaga Bencana di Kecamatan Sinjai Barat dalam upaya mencegah dan mengurangi risiko bencana sebagai bagian dari kepedulian dan komitmennya untuk senantiasa menghadirkan pemerintah sebagai wujud kehadiran negara dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat, Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa menggandeng Asia Muslim Charity Foundation (AMCF) melaksanakan program Sekolah Bencana.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, bahwa dari pertemuan Bupati Sinjai dengan Founder dan Donatur AMCF Dubai di Kantor Gubernur Sulsel beberapa waktu lalu yang membuahkan kesepahaman untuk melaksanakan program kemanusiaan, pendidikan, kesehatan dan kebencanaan di wilayah Kabupaten Sinjai yang kini sudah terealisasi di Kecamatan Sinjai Barat.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sinjai Budiaman yang dimintai komentarnya terkait pelaksanaan sekolah bencana oleh AMCF tersebut, mengatakan, bahwa kegiatan sekolah bencana ini, merupakan wujud nyata dari perhatian besar bapak Bupati Sinjai dalam yang memahami betul kondisi wilayah georafis daerah kita yang rawan bencana khususnya banjir dan tanah longsor.

Sekolah bencana berorientasi pada pencegahan dan pengurangan risiko bencana yang dimulai dari anak usia sekolah melalui kegiatan penyuluhan dan disaster education (edukasi kebencanaan) guna member pemahaman tentang risiko, tata kelola risiko, investasi dan peningkatan kesiapsiagaan (preparedness). Terang Budiaman.

Ia mengatakan, AMCF sudah melakukan keempat hal tersebut pada pelaksanaan program sekolah bencana di SMA Negeri 14 Sinjai Barat yang melibatkan 145 siswa, dan untuk itu semua, kami tentu menyampaikan apresiasi serta terima kasih kepada pihak AMCF sambil berharap agar kegiatan yang sama tetap bisa dilanjutkan di seluruh kecamatan di Kabupaten Sinjai.

Sementara Regional Repsentatif AMCF Sulsel Muhammad Ali Bakri melalui media whatshappnya menyampaikan terima kasihnya atas tingginya apresiasi kepala sekolah, para guru dan antusias para siswa dalam mengikuti program sekolah bencana ini, karena bagi kepala sekolah, guru dan siswa sangat memahami arti penting dan perlunya sekolah bencana ini. Pungkas Ali Bakri.

Penulis : BPBD

Editor : UB.